sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

3 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

  • July 5, 2022

Memiliki kulit yang berminyak dan mudah berjerawat menjadi tantangan besar bagi sebagian perempuan karena tidak boleh sembarangan menggunakan make up maupun skincare. Salah satu perawatan yang penting digunakan oleh wanita dengan jenis kulit ini adalah sunscreen

Sunscreen bisa menjaga kulit berminyak dan berjerawat dari keparahan radang kulit yang memperburuk kesehatan wajah. Apa saja manfaat sunscreen lainnya? Bagaimana tips menggunakan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat?

Kandungan dalam sunscreen

Memangnya apa sih nutrisi yang ada di dalam sunscreen? Berikut adalah kandungan dalam sunscreen.

  • Avobenzone dengan nama lain terephthalylidene dicamphor sulfonic acid Senyawa yang memiliki kemampuan untuk menyerap sinar dan menangkal radiasi dari UVA. 
  • Titanium dioxide bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV
  • Ethylhexyl salicylate dan methoxycinnamate mampu melindungi kulit dari sinar UVB dan tidak membuat pori-pori tersumbat.

Selain di atas, terdapat beberapa zat yang lain pada sunscreen yaitu octocrylene dan oxybenzone yang memiliki fungsi untuk menghalangi sinar UV dan menstabilkan kinerja dari zat avobenzone.

Manfaat menggunakan sunscreen

Berikut adalah 5 manfaat dari menggunakan sunscreen bagi kulit kamu yang berminyak dan mudah berjerawat:

  1. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Beraktivitas di luar rumah tanpa perlindungan sunscreen akan merusak kolagen dan jaringan pada kulit yang bisa menyebabkan keriput dan mengurangi elastisitas kulit.

  1. Mengurangi bintik-bintik akibat paparan sinar matahari

Bintik-bintik diakibatkan oleh hiperpigmentasi kulit yang membuat warna kulit mengalami perubahan. Bintik-bintik tersebut tidak hanya terjadi pada wajah melainkan juga di berbagai area lain seperti lengan, punggung, dan bahu.

  1. Melindungi kulit dari sinar matahari

Jika kulit mengalami paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan akan membuat kulit kamu terbakar yang menyebabkan radang. Paparan sinar matahari terus-terusan bisa memicu bintik-bintik pada kulit wajah.

  1. Mengurangi risiko kanker kulit

Salah satu cara terbaik agar terhindar dari kanker kulit adalah menggunakan sunscreen secara rutin. Sebuah studi memaparkan bahwa sangat merekomendasikan menggunakan sunscreen minimal SPF 15. Semakin tinggi angka tersebut maka semakin baik.

  1. Mencegah dari rusaknya pembuluh darah

Sinar UV mampu merusak dinding pembuluh darah yang bisa menyebabkan penipisan kulit hingga munculnya memar pada kulit.

Jenis-jenis Sunscreen

Terdapat dua jenis sunscreen yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Chemical sunscreen cocok digunakan bagi yang memiliki kulit kombinasi dan berminyak. Sedangkan physical sunscreen tepat bagi yang memiliki kulit kering dan sensitif.

3 Tips Memilih Sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat

Terdapat beberapa tips memilih sunscreen bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Simak penjelasan di bawah ini:

  • Pilih sunscreen dengan komposisi yang ringan 
  • Pilih produk bebas minyak atau oil-free
  • Pastikan produk memiliki komposisi seperti mudah menyerap minyak, tidak mudah membuat kusam, mengecilkan pori-pori, dan menyamarkan noda

Demikian ulasan mengenai tips menggunakan sunscreen bagi yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*