Ini Dia Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Ampuh!

  • July 5, 2022

Cara menghilangkan karang gigi paling mudah adalah dengan datang ke dokter gigi, sayangnya biaya untuk scaling terbilang mahal. Apalagi karang gigi harus dibersihkan minimal 6 bulan sekali. 

Karang gigi sering disepelekan dan dianggap tidak berbahaya, padahal jika dibiarkan begitu saja karang gigi bisa menyebabkan masalah serius seperti merusak senyuman, kerusakan gigi permanen, memicu timbulnya penyakit, bau mulut, dan lainnya. 

Cara Menghilangkan Karang Gigi di Rumah 

Gigi dan mulut merupakan satu kesatuan dengan sistem pencernaan dimana kebersihannya wajib dijaga. Karang gigi terjadi akibat dari sisa makanan yang menempel di gigi dan tidak dibersihkan dengan benar. 

Plak yang menumpuk dari sisa makanan dan minuman akan menjadi sarang bakteri, kemudian bakteri tersebut akan berkembang biak dan menghasilkan zat asam, zat ini bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. 

Jika kondisi karang gigi masih dalam taraf ringan, kamu bisa mencoba cara menghilangkan karang gigi dengan tips berikut ini: 

  • Rajin menyikat gigi 

Sikat gigi minimal dilakukan 2 kali sehari yaitu setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pastikan sikat mampu menjangkau seluruh gigi, lakukan selama 2 menit. Sikat masing-masing bagian depan, belakang, samping kanan dan kiri selama 30 detik. Sikat dengan lembut supaya tidak menyakiti gusi dan merusak enamel gigi. 

  • Gunakan teknik menyikat yang benar 

Walaupun sudah menyikat gigi selama 2 menit, jika teknik yang digunakan salah hasilnya akan sia-sia. Sikat gigi yang benar adalah dengan gerakan memutar atas bawah. Mulailah dari gigi paling belakang atau geraham. 

  • Gunakan benang gigi 

Ketika menyikat gigi terkadang ada area yang terlewat seperti sela-sela gigi, untuk membersihkan plak pada sela-sela gigi gunakanlah benang gigi, lakukan cara ini setelah melakukan sikat gigi setiap hari. 

  • Obat kumur 

Obat kumur dinilai mampu merontokkan karang gigi, kotoran, dan sisa makanan. Selain itu obat kumur juga membuat nafas menjadi lebih segar. Sebaiknya gunakan obat kumur non-alkohol supaya tidak perih. 

  • Baking soda 

Selain bisa digunakan untuk memasang dan membersihkan panci gosong, baking soda juga bermanfaat menghilangkan karang gigi. Kandungan di dalamnya diyakini mampu melindungi gigi dari kerusakan dan bersifat antimikroba. 

Cara menggunakannya ambil baking soda secukupnya, kemudian gosokkan dengan lembut pada gigi. Tidak perlu khawatir enamel akan rusak, justru baking soda bisa memperkuat gigi. 

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Metode Scaling

Cara menghilangkan karang gigi yang ampuh selanjutnya adalah dengan melakukan scaling. Prosedur ini hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi saja, kamu bisa melakukan scaling jika karang gigi parah dan cara diatas tidak bisa membersihkan plak yang kamu miliki. 

Tujuan dari scaling gigi adalah untuk membersihkan plak yang bisa terjadi pada siapa saja, orang yang lebih rawan memiliki karang gigi adalah perokok dan yang suka makan atau minuman manis. 

Manfaat scaling gigi: 

  • Mengatasi masalah bau mulut 
  • Mencegah terjadinya infeksi gusi 
  • Mencerahkan warna gigi yang kusam akibat karang gigi 
  • Menurunkan resiko gigi copot atau lepas karena tekanan dari karang gigi 
  • Menurunkan resiko penyakit jantung 

Prosedur scaling gigi: 

  • Dokter melakukan pemeriksaan kondisi rongga mulut dan gigi 
  • Dokter akan memberikan anestesi lokal untuk mengantisipasi timbulnya rasa sakit selama dilakukan tindakan scaling 
  • Kemudian dokter akan melakukan tindakan scaling menggunakan alat pengikis ultrasonic scaler dan alat sedot. 
  • Setelah itu dokter akan melanjutkan pembersihan menggunakan alat pengikis manual dengan ujung runcing untuk meraih area yang sulit.
  • Tahap selanjutnya dokter akan menyikat gigi pasien menggunakan sikat gigi elektrik dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. 
  • Jika dirasa gigi sudah bersih dari karang, pasien akan diminta dokter untuk berkumur menggunakan cairan yang mengandung fluoride. 

Biaya scaling gigi pribadi cukup mahal hingga ratusan ribu rupiah. Nah, kamu bisa memanfaatkan asuransi kesehatan seperti BPJS untuk melakukan prosedur ini. Scaling gigi di puskesmas jauh lebih murah bahkan gratis ketimbang pergi ke praktek dokter gigi. 

Cara menghilangkan karang gigi tidak sulit, kuncinya adalah konsisten dalam menjaga kebersihan. Karang gigi yang dibiarkan begitu saja bisa membawa dampak serius bagi kesehatan, jadi rutinlah periksakan kesehatan gigi dan mulutmu ke dokter minimal 6 bulan sekali.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*