Wajib Tahu! Inilah Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh

  • May 6, 2022

Minyak zaitun sudah terbukti efektif untuk perawatan kulit wajah. Tidak hanya itu, ternyata masih banyak manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh.

Jika Kamu tertarik untuk menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan tubuh, simak ulasan mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Kandungan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak kandungan yang baik tidak hanya untuk perawatan wajah, tetapi juga bagian tubuh yang lain. Setiap satu sendok makan minyak zaitun atau 15 ml minyak zaitu n terdapat kandungan 120 kalori serta beragam nutrisi berikut ini:

  • 13,5 – 14 gram lemak
  • 0,1 miligram kalsium
  • 0,1 miligram kalium
  • 0,3 miligram natrium
  • 1,9 miligram vitamin E
  • 8 mikrogram vitamin K

Meskipun mengandung lemak dalam jumlah besar, namun lemak tersebut merupakan lemak sehat yang baik untuk tubuh. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan. Dengan berbagai kandungan yang baik tersebut tentu Kamu sudah tahu beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Tubuh

  • Mengontrol tekanan darah

Manfaat minyak zaitun yang pertama adalah untuk mengontrol tekanan darah. Sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan mengonsumsi minyak zaitun sebanyak 4 sendok makan atau sekitar 50 – 60 ml per hari membuat seseorang memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini dikarenakan kandungan asam lemak sehat dan antioksidan pada minyak zaitun membuat pembuluh darah lebih rileks serta dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Dengan mengganti asupan lemak jenuh atau lemak hewani dengan minyak zaitun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada penderita penyakit kolesterol tinggi.

Mengonsumsi minyak zaitun dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga baik untuk kesehatan jantung.

  • Memelihara fungsi otak

Minyak zaitun ternyata memiliki manfaat untuk memelihara fungsi otak. Zat antioksidan dan antiradang yang terkandung dalam minyak zaitun dipercaya mengurangi risiko penyakit pada otak seperti dimensia dan stroke.

  • Melembabkan kulit kering

Tidak diragukan lagi bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk melembabkan kulit kering. Minyak zaitun dapat mengunci kelembaban kulit sehingga minyak zaitun sering digunakan untuk perawatan kulit kering. Kamu bisa menggunakannya untuk menjaga kelembaban tangan, kaki hingga kulit wajah.

  • Menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat tentu mengganggu penampilan kamu. Gunakan minyak zaitun untuk memudarkan bekas jerawat di wajah. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun terbukti mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah.

Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun di wajah, diamkan kira-kira 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

  • Menjaga kelembaban rambut

Selain untuk merawat kulit, manfaat minyak zaitun yang selanjutnya adalah menjaga kelembaban rambut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa minyak zaitun mampu menjaga dan merawat rambut dari kerusakan. Penggunaan minyak zaitun pada rambut dapat menjaga kelembaban batang rambut sehingga tidak mudah patah dan rusak,

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Siapa sangka bahwa miyak zaitun dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang berperan mengurangi risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seorang psien jantung yang melakukan diet Mediteranian atau diet yang memanfaatnkan minyak zaitun memiliki risiko kematian yang lebih rendah.

  • Menjaga kesehatan bibir

Manfaat minyak zaitun yang terakhir adalah menjaga kesehatan bibir. Kandungan vitamin E pada minyak zaitun mampu mencegah bibir pecah-pecah. Minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir untuk mengurangi warna hitam pada bibir sehingga bibir menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh. Konsumsi secara teratur minyak zaitun untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*