Ingin Tunda Kehamilan? Ikuti 4 Cara Agar Tidak Hamil Setelah Berhubungan Pada Masa Subur 

  • August 23, 2022

Disadari atau tidak, melakukan hubungan intim di masa subur akan membuat peluang kehamilan pada wanita lebih besar. Namun, bagi kamu yang ingin menunda untuk memiliki buah hati, mengikuti cara agar tidak hamil setelah berhubungan pada masa subur sangat tepat untuk dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal penting.

Ingin tahu seperti apa dan bagaimana cara untuk menunda kehamilan di masa subur setelah melakukan hubungan intim? Kamu bisa menyimak dengan baik penjelasan yang tersaji mengenai cara untuk menunda kehamilan seperti di bawah ini.

Mengenal Masa Subur

Sebelum membahas tentang cara efektif untuk mencegah kehamilan di masa subur setelah berhubungan badan. Kamu harus mengetahui apa itu masa subur seorang wanita. 

Masa subur yang terjadi pada wanita sangat dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Siklus menstruasi yang terjadi setiap wanita tentu bervariasi atau berbeda – beda.

Masa subur pada wanita terjadi saat sel telur berhasil dilepaskan oleh ovarium melalui proses ovulasi. Apabila melakukan hubungan intim di masa tersebut, peluang untuk terjadi kehamilan bisa menjadi lebih besar.

Salah satu cara efektif untuk mencegah kehamilan saat melakukan hubungan intim di masa subur yaitu dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom pada alat kelamin pria.

Cara Mencegah Kehamilan di Masa Subur

Penggunaan alat kontrasepsi merupakan salah satu cara agar tidak hamil setelah berhubugan pada masa subur yang bisa kamu lakukan. Selain itu, ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu coba untuk mencegah maupun menunda terjadinya kehamilan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti dengan baik.

  1. Gunakan Alat Pengaman

Cara agar tidak terjadi hamil setelah berhubungan pada masa subur yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan alat pengaman saat akan melakukan hubungan badan. Alat pengaman yang digunakan saat melakukan berhubungan badan, berguna untuk meminimalisir terjadinya kehamilan hingga mencapai 80 persen. Selain itu, penggunaan alat pengaman secara efektif mampu menghalangi terjadinya infeksi penyakit seksual yang berbahaya.

  1. Kondom untuk pria

Penggunaan kondom atau alat pengaman pada pria apabila dilakukan dengan baik, mampu mencegah terjadinya penularan penyakit seksual serta mampu menghalangi terjadinya kehamilan, terlebih pada wanita yang memasuki masa subur.

Penggunaan kondom pria secara efektif bisa dilakukan dengan mengikuti langkah – langkah di bawah ini:.

  • Gunakan ukuran kondom secara tepat.
  • Sesuaikan pengguanaan kondom pada kepala penis, terutama saat terjadi ereksi.
  • Hilangkan udara yang terdapat pada kondom dengan menjepit ujungnya.
  • Pastikan saat membuka gulungan kondom yang berada di bawah penis, dilakukan dengan hati – hati.
  • Setelah aktivitas seksual, hubungan intim selesai dilakukan, pegang bagian bawah pada kondom sebelum menariknya dari vagina wanita.
  • Buang dan lepaskan kondom yang telah digunakan. Pastikan kondom bekas tersebut tidak digunakan kembali.
  1. Kondom untuk wanita

Tidak hanya pria, alat pengaman untuk mencegah kehamilan juga bisa digunakan yaitu kondom untuk wanita, yang juga efektif sebagai alat kontrasepsi dengan persentasi sebanyak 79 persen.

Penggunaan kondom wanita tidak bisa digunakan secara bersamaan, melainkan hanya sebagai pengganti dari kondom pria.

  1. Lakukan Tes Kehamilan

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kehamilan di masa subur, yaitu dengan tes kehamilan yang bisa dilakukan sejak dua minggu setelah melakukan hubungan badan dengan tanpa penggunaan alat kontrasepsi.

  1. Lakukan Penutupan pada Serviks

Melakukan penutupan pada serviks termasuk upaya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kehamilan di masa subur setelah berhubungan badan. Dengan melakukan penutupan pada serviks, hal tersebut akan mencegah masuknya sperma ke dalam sel telur.

  1. Rencanakan untuk Penggunaan Alat Kontrasepsi

Cara agar tidak hamil setelah berhubungan pada masa subur yang bisa kamu coba yaitu dengan melakukan perencanaan untuk menggunakan berbagai macam alat kontrasepsi yang banyak tersedia seperti di bawah ini:

  1. IUD
  2. KB Implant
  3. Suntik KB
  4. Pil KB

Tips untuk Mencegah Terjadinya Kehamilan Setelah Berhubungan Intim

Melakukan berbagai cara mencegah kehamilan seperti diatas, bisa dilakukan terutama bagi pasangan yang belum memiliki rencana untuk mempunyai buah hati. Tips berikut bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kehamilan setelah berhubungan intim:

  1. Jangan melakukan hubungan badan pada masa subur
  2. Jangan lakukan ejakulasi di dalam

Penjelasan mengenai cara agar tidak hamil setelah berhubungan pada masa subur seperti diatas bisa kamu lakukan dengan konsultasi kepada dokter spesialis. Selain itu, penting juga untuk selalu berdiskusi kepada masing – masing pasangan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*