Kenali proses kehamilan dan tanda kehamilan

Wanita Wajib Tahu, 3 Proses Kehamilan dan Tanda Awal Kehamilan

  • January 25, 2022

Proses kehamilan adalah suatu proses yang panjang, dalam kata lain, proses kehamilan tidak terjadi begitu saja. Namun, ada beberapa proses yang akhirnya mencapai sebuah kehamilan yang sehat. Apa saja proses kehamilan? Yuk, kita ketahui bersama!

Proses kehamilan pada wanita
Kehamilan atau dalam istilah medis disebut gestasi adalah suatu proses pembuahan ovum dan sperma (proses ini disebut fertilisasi). Setelahnya, proses kehamilan akan memasuki proses nidasi atau implantasi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah urutan terjadinya proses kehamilan:

  1. Proses ovulasi
    Proses ovulasi adalah proses pelepasan telur yang sudah matang atau siap dibuahi oleh sperma. Ovum yang sudah matang ini berada di tuba falopii untuk menunggu pembuahan.

Proses ovulasi biasanya terjadi selama 12-24 jam dan ovum akan dibuahi oleh sperma di tuba falopii hingga proses ovulasi berhasil. Ovum yang telah dibuahi akan membentuk sel yang aktif.

  1. Fertilisasi atau pembuahan
    Proses pembuahan atau fertilisasi adalah suatu proses pembuahan ovum dengan sel sperma yang berlangsung selama 24 jam. Sel yang aktif akibat dari fertilisasi ini akan membelah dan membentuk zigot.

Zigot ini umumnya memiliki kromosom yang akan menentukan jenis kelamin serta sifat-sifat genetik pada janin. Apabila pembuahan sudah terjadi, zigot akan berada di tuba falopii selama 48-72 jam dan akan mulai bergerak menuju rahim untuk memasuki proses implantasi.

  1. Proses implantasi
    Proses implantasi adalah suatu proses pelekatan zigot di dinding rahim. Proses implantasi biasanya berlangsung selama 6-11 hari setelah pembuahan. Zigot yang telah melekat di rahim akan aktif berkembang selama masa kehamilan.

Kenali tanda-tanda kehamilan
Meskipun sebagian orang tidak meraskaan tanda atau gejala kehamilan, namun beberapa tanda-tanda kehamilan berikut ini mungkin dapat dirasakan dan diperhatikan sejak dini, antara lain:

  • Mengalami telat haid atau menstruasi
  • Merasakan kembung perut pada minggu awal kehamilan
  • Mengalami perubahan pada payudara yang melunak dan sensitif
  • Mengalami flek atau pendarahan ringan dengan bercak
  • Merasakan mual, muntah, kelelahan yang berat, dan perubahaan mood

Wanita yang mengalami tanda-tanda kehamilan dan melakukan hubungan intim tanpa pengaman beberapa waktu sebelumnya bisa melakukan pengecekan dengan tespek.

Apabila tespek menunjukan hasil positif, maka cobalah berkonsultasi kepada dokter kandungan agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah zigot dalam kandungan dapat berkembang dengan baik atau tidak.

Tanda-tanda kehamilan di atas juga dapat dipengaruhi oleh perubahan hormon yang belum berarti tanda dari kehamilan. Maka dari itu, periksakan segera kondisi yang kamu alami.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*