Yuk, Simak Fakta Vitamin Ibu Hamil di Sini!

  • April 28, 2022

Kalau kamu sedang hamil atau tengah merencanakan kehamilan, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi berbagai jenis makanan, minuman, obat-obatan, hingga vitamin ibu hamil atau beragam jenis suplemen lainnya, lho!

Beberapa vitamin dan suplemen mungkin akan memberikan efek yang berbahaya bagi ibu dan janin apabila dikonsumsi tanpa konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi vitamin ibu hamil atau suplemen kehamilan lainnya.

Apa Itu Vitamin?

Faktanya, tubuh manusia membutuhkan berbagai nutrisi untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang baik. Manusia pada umumnya memerlukan beberapa nutrisi, seperti mineral, vitamin, karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Vitamin merupakan suatu senyawa organik yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk tubuh manusia. Vitamin ialah senyawa yang tidak dapat dibuat oleh tubuh kamu sendiri. Selain vitamin D yang dibuat kulitmu dari sinar matahari, sebagian besar vitamin yang kamu butuhkan berasal dari makanan yang sudah kamu konsumsi.

Vitamin dan Mineral Penting dalam Kehamilan

Nutrisi yang baik dan terpenuhi selama masa kehamilan sangat berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang sehat. Selain itu, dengan terpenuhinya nutrisi harian yang cukup, ibu hamil juga akan mendapat manfaat kesehatan untuk jangka pendek dan jangka panjang sekaligus.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya dan juga kebutuhan bayinya. Saat hamil, seorang wanita membutuhkan lebih banyak nutrisi, termasuk folat, protein, zat besi, yodium, dan beberapa vitamin.

Folat diketahui dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, seperti spina bifida, ketika diminum minimal satu bulan sebelum pembuahan dan selama tiga bulan pertama kehamilan. Sementara itu, zat besi membantu mencegah anemia pada ibu dan mencegah berat badan lahir rendah pada bayi. Yodium berguna untuk perkembangan sistem saraf dan otak.

Jenis vitamin ibu hamil yang mungkin diperlukan adalah vitamin B12, dan vitamin D. Vitamin B12 sangat penting, karena dapat mendukung perkembangan sistem saraf bayi. Sementara itu, vitamin D memabntu proses perkembangan sistem kerangka bayi.

Multivitamin

Multivitamin merupakan suatu kombinasi dari berbagai macam vitamin dan mineral. Multivitamin biasanya dikonsumsi dalam bentuk tablet da nada juga multivitamin yang dirancang khusus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Perlu diperhatikan, multivitamin khusus untuk ibu hamil ini bukanlah suatu hal yang dapat menggantikan makanan bergizi. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk tetap memperhatikan asupan nutrisinya dengan cara makan makanan yang sehat. Jika kamu sedang hamil, hindarilah mengonsumsi multivitamin yang tidak dirancang untuk kehamilan.

Catatan untuk Vitamin Tertentu

Tubuh manusia hanya membutuhkan sejumlah kecil setiap nutrisi dan mengonsumsi nutrisi dengan jumlah yang lebih tinggi belum tentu berarti lebih baik. Faktanya, mengonsumsi nutrisi lebih dari yang kamu butuhkan terkadang dapat menyebabkan kerusakan dan kelainan pada tubuh.

Sebagai contoh, mengonsumsi vitamin A, vitamin C, atau vitamin E dengan dosis tinggi bisa berbahaya bagi tubuh manusia. Sebaiknya, jangan mengonsumsi beberapa vitamin ini sebagai vitamin selama kehamilan.

Akan tetapi, kamu tetap perlu untuk memeriksakan dan mengonsultasikan diri pada dokter yang ahli di bidangnya untuk mendapat saran yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu, ya!

Meski sudah banyak vitamin ibu hamil yang tersedia di pasaran, kamu tetap perlu berhati-hati dengan setiap produk yang ada dan tetap konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*